Cegah Penyakit Tidak Menular, Ayo, Ke Skrining Penyakit Tidak Menular dimulai pada diri kita !

  • Feb 10, 2023
  • Junaidi Annas
Lokasi Kegiatan: Kopak masin-masing
Tanggal Kegiatan: Feb 13, 2023 s/d Feb 15, 2023

Kalisari,- Dalam rangka mencegah Penyakit Tidak Mular, Kader kesehatan dibantu dengan Bidan Desa melaksanakan Pemeriksaan PTM yang dilaksanakan pada Senin-Rabu, 13-15 Februari 2023 yang dilaksanakan di kopak masing-masing.

Penyakit tidak menular adalah penyakit yang terjadi akibat interaksi antara agent (Non living agent) dengan host dalam hal ini manusia (faktor predisposisi, infeksi dll) dan lingkungan sekitar (source and vehicle of agent). Penyakit tidak menular biasa disebut juga dengan penyakit kronik, penyakit non-infeksi, new communicable disease, dan penyakit degeneratif.

Menurut World Health Organization (WHO), pada tahun 2005 penyakit tidak menular menyebabkan 58 juta kematian di dunia, meliputi penyakit jantung dan pembuluh darah (30%), penyakit pernafasan kronik dan penyakit kronik lainnya (16%), kanker (13%), cedera (9%) dan diabetes melitus (2%).

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pada umumnya, keberadaan faktor risiko penyakit tidak menular pada seseorang tidak memberikan gejala sehingga mereka tidak merasa perlu mengatasi faktor risiko dan mengubah gaya hidupnya.

Faktor risiko tersebut adalah suatu kondisi yang secara potensial berbahaya dan dapat memicu terjadinya penyakit tidak menular pada seseorang atau kelompok tertentu.Faktor risiko yang dimaksud antara lain kurang aktivitas fisik, diet yang tidak sehat dan tidak seimbang, merokok, konsumsi alkohol, obesitas, dan perilaku yang berkaitan dengan kecelakaan dan cedera, misalnya perilaku berlalu lintas yang tidak benar.

Menurut (Riegelman 2009) terdapat berbagai bentuk mengatasi penyakit tidak menular melalui beberapa pendekatan yaitu preventif, kuratif, dan rehabilitative. Berikut adalah beberapa strategi dasar yang digunakan sebagai bentuk dari pendekatan yang telah disebutkan :

  • Skrining untuk deteksi dini dan pengobatan penyakit
  • Beberapa intervensi faktor risiko
  • Identifikasi biaya pengobatan yang efektif
  • Konseling genetik dan intervensi
  • Penelitian

Faktor resiko penyakit tidak menular dapat diminimalisir dengan dilakukannya upaa promosi dan pencegahan penyakit tidak menular pada kalangan teetentu yaitu masyarakat yang masih sehat , masyarakat yang beresiko, masyarakat yang berpenyakit dan masyarakat yang menderita kecacatan sehingga memerlukan rehabilitasi (Samsudrajat 2011).

Untuk itu, dalam mencegah PTM, dilaksanakan pemeriksaan serentak dengan pengecekan seperti :

  • Cek tekanan darah
  • Cek Gula Darah
  • Timbang berat badan dan lingkar perut (Wanita maksimal 80 cm , Pria maksimal 90 cm)

Pelaksanaan PTM bertempat di :

  1. Kopak 1 di Balai Muslimin
  2. Kopak 2 di Rumah Ibu Nurmiasih, Ibu Kingkin G dan Bapak Wartono
  3. Kopak 3 di Rumah Bapak Rintono, Ibu Sukinah dan Lapangan Badminton
  4. Kopak 4 di Halaman Masjid Al Ikhlas
  5. Kopak 5 di Pendopo Sasana Tunggal Karsa
  6. Kopak 6 di Rumah Bapak Mahmudin dan Ibu Sumiati
  7. Kopak 7 di Rumah Ibu Tuti, Ibu Rofingatul, Ibu Khusu dan Bapaj Akhmadi Sodik

Dilaksanakan mulai tanggal 13 sampai dengan 15 bulan Februari 2023 dengan diberikan undangan untuk setiap warga dan pemeriksaan ini GRATIS....