Desa Kalisari Gelar Festival Tahu

Jumat, 04 September 2015 | 10827 Kali
Desa Kalisari Gelar Festival Tahu

 

Untuk mendorong perekonomian warga khususnya perajin tahu, Desa Kalisari Kecamatan Cilongok akan menggelar Festival Tahu Kalisari, Sabtu-Minggu (13-14/6) mendatang.

Panitia kegiatan Indra Defandra mengatakan panitia akan menyediakan 46 stand dagangan. Stand atau lapak dagangan itu tidak hanya disediakan kepada para perajin tahu, melainkan pada para pengusaha di wilayah Cilongok dan sekitarnya untuk mempromosikan atau memasarkan produk usahanya.

“Ini menjadi dukungan kami kepada para perajin tahu atau perajin produk lokal lainnya. Kami berharap dengan adanya acara ini maka berbagai produk lokal akan terangkat dan terpromosikan dengan baik,” katanya.

Dikatakan Indra, selain stand dagangan dan berbagai komoditas Usaha Mikro Kecil Menengah, panitia juga mengadakan berbagai kegiatan yang mengundang warga umum. Dalam kegiatan Festival Tahu ini, akan diadakan pula kegiatan berupa Fashion Show Produk Tahu, Medang Madang Tahu, Perang Tahu, Ekspo Produk Tahu, Perang Tahu, Gala Dinner, Lomba Kuliner Tahu.

“Selain itu ada juga pertunjukan seni budaya tradisional dan juga musik modern. Jadi melalui kegiatan ini, seluruh elemen masyarakat, pedagang, seniman, remaja dengan berbagai hobi bisa terfasilitasi sehingga kegiatan ini akan semakin ramai,” jelasnya.

Kepala Desa Kalisari, Aziz Masruri mengatakan sebagai desa sentra industri rumahan tahu, Kalisari mempunyai sekitar tiga ratusan perajin tahu. Dalam waktu sehari sedikitnya 8 ton kedelai diolah oleh para perajin tahu desa setempat. Tahu telah menjadi bagian dari kehidupan dan penghidupan warga desa setempat sejak dulu.

“Pemasaran tahu Kalisari merambah di lokal Banyumas hingga ke wilayah Brebes. Selain tahu, juga ada variasi produk lain seperti keripik tahu, kerupuk ampas tahu, baso tahu dan sebagainya,” katanya.

Related Posts

Font
Jumat, 04 September 2015
Font
Selasa, 01 September 2015
Font
Jumat, 04 September 2015

Komentar