Kegiatan di Akhir Bulan Februari, dan Mengawali Bulan Maret

  • Mar 01, 2023
  • Junaidi Annas
  • BERITA, POTENSI DESA, PRODUK DESA, PEMERINTAHAN, KEGIATAN

Kalisari,- Agenda demi agenda berjalan sesuai dengan urutan dan waktunya, tak terkecuali kegiatan desa yang sudah terjadwal baik pelayanan kepada masyarakat maupun kegiatan penunjang lain.

Pada hari Jum'at, 24 Februari 2023, mahasiswa STT Wiworotomo yang KKN di Desa Kalisari berpamitan dan menyerahkan Mesin Penggiling Padi yang menjadi projek dalam KKN tersebut. Penyerahan diterima langsung oleh Sekretaris Desa Kalisari, Bapak Karno dan beberapa perangkat desa yang ikut menerima pamitan dari mahasiswa STT Wiworotomo.

Adapun mesin penggiling padi sebelumnya sudah rusak dan tidak terpakai, oleh mahasiswa tersebut diperbaiki dan dimodifikasi sehingga mesin dapat dioperasikan lagi.

Mahasiswa tersebut memang kuliah jurusan Teknik Mesin yang mengharuskan KKN dengan mentrasfer ilmunya dengan praktek memperbaiki mesin yang ada, kebetulan ada Mesin Penggiling Padi milik desa, lalu diperbaiki dalam waktu 30 hari sesuai dengan jadwal KKN yang diharuskan untuk diselesaikan.

Kemudian, Minggu, 26 Februari 2023, seperti biasa bagi TP PKK Desa Kalisari mengadakan Rapat Kordinasi yang dihadiri oleh Pengurus PKK Desa, PKK RW dan RT.

Pada pertemuan tersebut Pengurus TP PKK Desa Kalisari, bukan hanya melakukan rapat kordinasi mengenai administrasi ataupun kegiatan dasa wisma yang ada di lingkungan RT, juga memberikan praktek kepada para pengurus RW maupun RT.

Praktek tersebut yaitu pelatihan seni kerajinan tangan, seni merangkai bunga tradisional (kado/ jalan kehidupan bunga) di Jepang disebut IKEBANA.

Ikebana adalah proses merangkat bunga asli, yang disusun dari berbagai bunga atau tanaman hias ataupun tanaman yang ada disekitar rumah kita, dan minat dari pengurus cukup antusias, dari kehadiran yang ada sejumlah 74 orang dari 27 RT dan 4 RW.

Dalam kegiatan ini, Ibu Agustina Supriyatin menjadi pemandu dan yang memberikan arahan kepada peserta dalam menyusun bunga agar indah di pandang.

Lanjut pada Senin, 27 Februari 2023 pada pagi hari melaksanakan Apel Pagi yang dihadiri perangkat Desa dan Siswi PKL dari SMK Ma'arif NU 1 dan 2 Ajibarang. 

Dalam sambutannya, Bapak Endar Susanto, A. Md menyampaikan beberapa poin agar segera ditinjak lanjuti karena sifatnya yang urgent dan juga mendesak, salah satunya adalah administrasi mengenai APBDES 2023 dan Realisasi APBDES 2022 agar segera disetor ke kecamatan serta persiapan esok harinya secara berturut-turut akan ada kunjungan yang cukup banyak pesertanya. Hari Selasa, 28 Februari 2023 peserta dari MTs Ma'arif NU 1 Kembaran sejumlah 337 Siswa yang melakukan kunjungan ke industri tahu, biogas dan wisata Tubing River Ragha. Setelah itu, Ponpes Moderm Zam Zam Muhammadiyah Cilongok juga melakukan kunjungan industri ke Kalisari dengan tujuan home industri tahu saja.

Setelah penyampaian cukup, Bapak Kepala Desa menutup dengan doa bersama lalu dilanjutkan dengan bersalaman.

Pada Selasa, 28 Februari 2023, rombongan MTs Ma'arif NU 1 Kembaran tiba pada pukul 09.00 WIB, diterima di Pendopo Sasana Tunggal Karsa untuk selanjutnya diberikan ucapan selamat datang oleh Pemerintah Desa dan juga Pokdarwis Ragha.

Pukul 09.30 WIB, peserta putra langsung menuju Home Industri Tahu yang terbagi menjadi 9 Kelompok, dan bagi peserta putri dijadwalkan menuju ke Desa Wisata Panembangan untuk melakukan River Tubing di Sungai Susukan Panembangan.

Setelah peserta Putra selesai, kemudian mengunjungi Biolita yang ada di sebelah barat lapangan desa, begitu peserta putra sudah melakukan kunjungan home industri, melihat biolita, lalu rekan-rekan Pokdarwis menyiapkan River Tubing di Sungai Royom Kalisari.

Kloter pertama sejumlah 22 anak berangkat pada pukul 11.00 WIB dilanjutkan dengan rombongan kloter berikutnya namun sampai pada jam 14.00 WIB, hujan lebat sehingga aktifitas diberhentikan sementara, kemudian lanjut hingga kloter ke 4, namun karena waktu yang tidak memungkinkan, akhirnya kegiatan ttersebut di stop demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Pada pukul 16.00 WIB, perserta kunjungan berpamitan dan melakukan perjalanan pulang ke sekolah.

Atas kunjungan tersebut, kami atas nama Pemerintah Desa Kalisari dan Pokdarwis Ragha mengucapkan permohonan maaf kepada peserta kunjungan apabila masih banyak kekurangan dan semoga menjadi pengalaman dan bahan belajar siswa-siswi sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

Setelah itu, per hari ini, Kunjungan Home Industri juga ada, yaitu dari Ponpes Modern Zam Zam, namun untuk beritanya mimin posting esok hari yaa...