Pelatihan SIDEKA ( Sistem Informasi Desa dan Kawasan )

  • Oct 17, 2017
  • Kalisari

Purwokerto, Dinsospermades, Pelatihan SIDEKA ( Sistem Informasi Data Terpadu ) diadakan oleh Dinsospermades Kab. Banyumas yang di ikuti oleh 3 Kecamatan yaitu Kecamatan Gumelar, Kecamatan Cilongok dan Kecamatan Kalibagor di gelar di Aula Dinsospermades pada tanggal 17 Oktober 2017 dari pagi hari sampai sore hari.

Dalam pelatihan kali ini, di beratkan pada pelatihan website yang mana akan mengelola aset desa, potensi desa, profil desa sampai dengan data kependudukan dalam sebuah website yang di kelola oleh perangkat desa sebagai admin dan masyarakat di izinkan untuk ikut mengisi laman website melalu perangkat desa yang di tunjuk.

Para perangkat desa juga di bekali dengan aplikasi SIDEKA untuk memudahkan administrasi pemerintahan berupa pembuatan surat, permohonan surat pengantar sampai pengolah data tentang aset desa PBB /  pemetaan.

Hal ini bertujuan untuk mewujudkan Program Nawacita Pemerintah untuk membangun dari Desa dan satu Link dengan pemerintah pusat. Keterbatasan pengetahuan IT dari perangkat berbeda beda, hal ini yang menjadi kesulitan pengembangan website - website desa yang selama ini di gagas oleh Pemerintah melalui berbagai instansi-instansi terkait, baik Dinsos, Kominfo dll.

Kedepannya di harapkan agar administrasi desa bisa di jadikan dalam satu aplikasi dan mudah dalam mengaksesnya. Peran aktif dari pengelola juga kerja sama dari perangkat desa akan meningkatkan kualitas dari informasi yang di hadirkan website juga untuk menjalankan aplikasi SIDEKA tersebut. (red/ktu)