Pembangunan Aspal Jalan Desa Sudah Selesai

  • Oct 06, 2023
  • Junaidi Annas
  • DANA DESA, PEMERINTAHAN, PEMBANGUNAN

Kalisari, Pembangunan desa adalah salah satu aspek penting dalam penyelenggaraan pemerintah desa dengan tujuan untuk mensejahterakan masyarakat dengan berbagai kegiatan dan juga program pembangunan, salah satunya adalah pembangunan aspal jalan Poros dan Pemukiman di Desa Kalisari dan sudah terlaksana, dimana pengerjaannya rampung pada akhir september yang dimulai pada awal bulan september 2023. Pembangunan aspal berasal dari Bantuan Keuangan dan Dana Desa dimana masing-masing adalah 85.000.000 dan 150.000.000. 

Dana tersebut kemudian secara administrasi diproses melalui pembuatan RAB, pengecekan lokasi pengerjaan, pengukuran panjang dan lebar sehingga ketemu berapa volume yang harus digarap dengan anggaran tersebut. Adapun proses ini biasanya dilakukan pada tahun sebelumnya karena untuk mempersiapkan proses pelaksanaan, kemudian ketika dana sudah ditransfer dilakukan pengecekan sekali lagi untuk memastikan dengan baik dan benar serta menyiapkan lokasi agar dapat dilaksanakan pembangunan dengan baik, termasuk memberikan pemberitahuan kepada warga di sepanjang jalan yang akan dikerjakan.

Adapun jalan yang akan diaspal adalah Jalan Poros Desa ( depan rumah Bapak Suyatno ke selatan sampai depan rumah Bapak Nalim ) yang didanai dengan Dana Desa dan Jalan Pemukiman ( depan rumah Bapak Wardi Empu ke barat lalu ke selatan sampai depan rumah Bapak Edi ) dengan dana APBD Provinsi.

Semoga dengan diaspalnya jalan tersebut, dapat menambah mobiltas warga masyarakat, dapat meningkatkan perekonomian dan dapat menjaga jalan dengan baik dengan cara tidak merusak atau membuang sampai sembarangan yang menjadikan aspal tergerus karena air tidak mengalir dengan baik.